Examples Non Examples

CONTOH DAPAT DARI KASUS/GAMBAR YANG RELEVAN DENGAN KD

Langkah-langkah:

1. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
2. Guru menempelkan gambar dipapan atau ditayangkan melalui OHP
3. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
4. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas.
5. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya.
6. Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa,guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.

Debate

Langkah-langkah:

1. Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yg lainnya kontra.
2. Guru memberikan tugas untuk membaca materi yg akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas.
3. Setelah selesai membaca materi,guru menunjuk salah satu anggotanya kelompok pro untuk berbicara saat itu ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa dapat mengemukakan pendapatnya.
4. Sementara siswa menyampaikan gagasannya guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan dipapan tulis.Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi.
5. Guru menambahkan konsep/ide yg belum terungkap.
6. Dari data” dipapan tersebut,guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yg mengacu pada topik yg ingin dicapai.

Role Playing

Langkah-langkah:

1. Guru menyusun/menyiapkan skenario yg akan ditampilkan.

2. Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum KBM.

3. Guru membentu kelompok siswa yang anggotanya 5 orang.

4. Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai.

5. Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yg sudah dipersiapkan.

6. Masing” siswa duduk dikelompoknya,masing” sambil memperhatikan,mengamati skenario yang sedang diperagakan.

7. Setelah selesai dipentaskan,masing” siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas.

8. Masing” kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya.

9. Guru memberikan kesimpulan secara umum.

10. Evaluasi

11. penutup

Jigsaw (Model Tim Ahli)

(Aronson, Blaney,Stephen,Sikes,And Snapp,1978)

Langkah-langkah:

1. Siswa dikelompokkan dalam = 4 anggota tim

2. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yg berbeda.

3. Tiap anggota dalam tim diberi bagian materi yg ditugaskan.

4. Anggota dari tim yang berbeda berbeda yang telah mempelajari bagian sub/sub bab yang ditugaskan.sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka.

5. Setelah selesai diskusi sebagian tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dgn sungguh”.

6. Tiap tim ahli mempresentasikan hasiil diskusi.

7. Guru memberikan evaluasi.

8.Penutup.

Problem Based Introduction (PBI)

(Pembelajaran Berdasarkan Masalah)

Langkah-langkah:

1. Guru menjelaskan tujuan pembeajaran.Menjelaskan logistik yang dibutuhkan.Memotivasi siswa terlihat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.

2.Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yg berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik,tugas,jadwal,dll).

3. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yg sesuai,eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah,pengumpulan data,hipotesis dan pemecahan masalah.

4. Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yg sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dgn temannya.

5. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses” yang mereka gunakan.

Bertukar Pasangan

Langkah-langkah:

1. Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru biasa menunjukkan pasangannyaatau siswa menunjukkan pasangannya).

2. Gurumemberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya.

3. Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain.

4. Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan masing” pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka.

5. Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemuudian dibagikan kepada pasangan semula.

Snowball Throwing

1. Guru menyampaikan materi yang ingin disampaikan

2. Guru membentuk kelompok” dan memanggil masing” ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi.

3. Masing” ketua kelompok kembali kekelompoknya masing”.Kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya.

4. Kemudian masing” siswa diberikan satu lembar kertas kerja,untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok.

5.Kemudian kertas itu di buat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa lain selama ± 15 menit.

6. Setela siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian.

7.Evaluasi

8. Penutup.

Picture And Picture

Langkah-langkah:

1. Guru menyiapkan kompetensi yang ingin dicapai

2. Menyiapkan materi sebagai pengantar

3. Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar” atau kegiatan berkaitan dengan materi.

4. Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasangkan/mengurutkan gambar” menjadi urutan yang logis.

5. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut.

6. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru mulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.

7. Kesimpulan/rangkuman

Make A Match

(Mencari Pasangan) (Lomma Curran,1994)

Langkah-langkah:

1. Guru meyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yg cocok untuk sesi review,sebaliknya satu kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.

2. Setiap siswa mendapat satu buah kartu

3. Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang.

4. Setiap siswa mencari pasangan yg mempunyai kartu yg cocok dengan kartunya (soal jawabn)

5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.

6. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya.

7.Demikian seterusnya.

8. Kesimpulan/penutup